Tips Mengetahui Pembalut yang Aman bagi Kesehatan

Tips mengetahui pembalut yang aman bagi kesehatan. Menurut Anda apakah pembalut yang Anda pakai sudah P-1 aman bagi kesehatan Anda ? Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pembalut adalah kebutuhan yang sangat penting bagi wanita. Bagaimana tidak pembalut yang mempunyai fungsi menyerap darah pada saat seorang wanita sedang mentruasi, sehabis melahirkan atau pada saat setelah pembedahan. Pembalut adalah benda yang bersentuhan langsung dengan pada miss V seorang wanita, yang faktanya selalu digunakan setiap bulannya ini adalah sangat penting bagi kita (kaum wanita) untuk mengetahui apakah pembalut yang kita gunakan sudah aman atau tidak bagi kesehatan kita sebagai konsumen utama pengguna pembalut tersebut.
Pembalut pada awalnya adalah permanen yang artinya setelah dipakai bisa dicuci dan dipakai lagi. Tetapi pada awal tahun 1980 an pembalut sekali pakai mulai berkembang dan sekitar tahun 1990 an mulai dikenal secara luas, meskipun jenis dan macamnya tidak sebanyak ditahun-tahun sekarang ini. Pembalut yang sekarang ini beredar dipasaran kebanyakan tidak menggunakan bahan baku kapas 100%, melainkan menggunakan serbuk kayu ( pulp) yang didaur ulang serta kertas daur ulang, sehingga bisa menghemat biaya produksi. Bahan baku dari campuran tadi dikahwatirkan akan memunculkan tumbuhnya bakteri dan kuman yang bisa menimbulkan bau dan gatal pada daerah kewanitaan. Mungkin memang tidak semua pembalut yang beredar menggunakannya, tetapi kita perlu waspada dan mengetahui pembalut yang kita pakai selama ini sudah aman apa belum ?
Yang perlu diketahui penyebab kanker serviks yang dialami oleh wanita salah satunya adalah bisa diakibat oleh bahan dari P-2 pembalut yang menggunakan campuran serbuk kayu serta bahan-bahan kimia ataupun kandungan pemutih dan pewangi buatan yang terdapat dalam pembalut itu sendiri. Selain itu menurut sebuah penelitian bahwa pembalut yang bersentuhan langsung dengan kulit Miss V ternyata mengandung 107 bakteri berbahaya dalam setiap 1 cm2 dan itu bisa menyebabkan perkembangan bakteri atau virus bila digunakan dalam jangka waktu 2 jam secara terus menerus. Oleh sebab itu penting disini bagi kaum wanita untuk mengetahui dan mengenali pembalut yang aman bagi kesehatan, karena pembalut tersebut setiap bulannya dipakai pada saat siklus mentruasi datang. Hal ini untuk mencegah timbulnya kanker serviks yang memang sangat berbahaya bagi kesehatan wanita. Berikut cara atau tips mengetahui pembalut yang aman bagi kesehatan :
  • Berilah pembalut yang biasa Anda pakai dengan 35-50 ml/cc air pada permukaannya, kemudian diamkan selama 1-3 menit lalu tekan dengan selembar tissue. Tekan-tekan tissue tadi diatas pembalut, jika tissue menjadi basah maka pembalut tersebut mempunyai daya serap rendah sehingga kurang baik. Karena pembalut yang bagus adalah mempunyai daya serap tinggi sehingga aman digunakan.
  • Untuk mengetahui kualitas pembalut adalah dengan cara sobek pembalut dan masukkan bagian dalam pembalut ke dalam gelas bening yang sudah berisi air, kemudian aduk perlahan. Jika bagian dari inti pembalut tersebut hancur dan air berubah menjadi keruh berarti pembalut tersebut mengunakan bahan yang kurang baik, baik itu serbuk kayu atau kertas daur ulang yang bisa menimbulkan tumbuhnya bakteri pada Miss V
Untuk mencegah timbulnya gangguan kesehatan pada Miss V, selain mengetahui tips mengenai pembalut yang aman bagi kesehatan tersebut, sebaiknya gantilah pembalut Anda 3-4 jam sekali. Jangan membeli pembalut karena trend atau harga yang murah, mahal sedikit tidak apa-apa yang penting bisa menjaga kesehatan. Karena bagaimanapun pembalut yang tidak aman bisa menimbulkan bakteri dan virus yang bisa menyebabkan keputihan serta kanker serviks. Oleh sebab itu tetap jaga kesehatan dari hal yang terkecil karena kesehatan adalah segala-segalanya.
>>>> Semoga Bermanfaat <<<<

Tambahkan Komentar Sembunyikan