Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi pada Anak

Cara Mengatasi alergi Susu Sapi pada Anak. Setiap ibu pasti ingin anaknya mendapat nutrisi yang terbaik untuk Susu Sapi menunjang pertumbuhan dan pekembangan buah hatinya. Tidak dapat dipungkiri memang susu merupakan salah satu sumber gizi yang sangat penting, terutama susu sapi dan khususnya bagi balita. Tetapi bagaimana cara mengatasinya jika buah hati kita alergi pada susu sapi ? Terus bagaimana jika buah hati kita nutrisinya tidak tercukupi karena ia alergi susu sapi ? Pasti pertanyaan tersebut akan muncul jika anak kita tidak minum susu alias alergi terhadap susu sapi.

Alergi susu sapi merupakan alergi makanan yang paling sering terjadi pada anak-anak, karena merupakan protein asing pertama yang diterimanya. Anak yang terbukti alergi harus menghindari pemberian susu sapi. Untuk memastikan bahwa anak anda benar-benar alergi susu sapi atau tidak, sebaiknya anda kenali dulu beberapa tanda yang akan muncul jika anak anda alergi terhadap susu sapi. Tanda awal yang biasanya muncul jika anak alergi susu sapi biasanya anak akan mengalami diare atau munculnya bintik kemerahan pada pipi setelah mengkonsumsi susu sapi. Tetapi hal tersebut harus dipastikan dengan berkonsultasi pada Dokter anak untuk memastikannya.

Langkah awal dari pertumbuhan anak adalah memastikan bahwa mereka mendapatkan nutrisi lengkap agar dapat tumbuh sehat dan optimal, tidak terkecuali pada anak yang alergi susu sapi. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah alergi susu sapi pada anak agar nutrisinya tetap terpenuhi, diantaranya :

1. Berikan anak anda ASI

Nutrisi alami ini selain sangat penting bagi sistem imun bayi, juga tidak akan menimbulkan alergi pada anak. Oleh sebab itu, tak perlu ragu untuk tetap memberikan ASI pada buah hati anda. Tetapi sebaiknya ibu yang menyusui anak yang alergi susu sapi menghindari segala makanan yang berasal dari susu.

2. Berikan susu soya ( kedelai )

Jika karena alasan tertentu sehingga ASI tidak bisa diberikan kepada anak, ibu dapat menggunakan susu yang berasal dari soya ( kedelai ) ataupun Susu hipo allergenic ( extensive hydrolized ) yaitu protein susu sapi dengan protein terpecah menjadi molekul yang lebih kecil melalui proses enzimatik sehingga bisa meminimalkan kemungkinan terjadinya alergi.

Memang masih banyak para ibu yang khawatir bahwa dengan memberikan susu soya sebagai cara mengatasi alergi susu sapi pada anak, khawatir si kecil tidak mendapatkan nutrisi lengkap layaknya nutrisi yang terkandung pada susu sapi. Tetapi para ibu tidak perlu khawatir karena dengan konsumsi susu soya, bukan berarti si kecil tidak dapat tumbuh sehat dan optimal. Karena isolat kedelai yang terdapat dalam susu soya  juga merupakan sumber protein yang penting dan baik untuk pertumbuhan dan aman untuk anak yang mengalami masalah alergi terhadap susu sapi. Dengan demikian Anda tidak perlu cemas lagi jika anak Anda alergi terhadap susu sapi, Karena bagaimanapun susu soya telah dipenuhi dengan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak

@@@@@ BE HEALTHY BE HAPPY @@@@@

Tambahkan Komentar Sembunyikan