Beberapa Fakta Kesehatan pada Bayi Laki-Laki

Beberapa Fakta Kesehatan pada Bayi Laki-laki. Saat seoarang ibu yang sedang hamil tentu dalam hatinya ada yang bayi lelaki ingin bayi perempuan atau bayi laki-laki. Itulah faktanya, tetapi ada juga yang pasrah apapun itu laki-laki atau perempuan sama saja yang penting diberi kesehatan. Meskipun ada beberapa orang yang bilang lebih mudah menjaga bayi perempuan daripada laki-laki, karena bayi perempuan cenderung diam dan tenang dibandingkan bayi laki-laki. Bayi laki-laki dan perempuan jelas berbeda. Karena itu kita sebagai orang tua harus mengetahui beberapa perbedaannya, terutama yang berkaitan dengan masalah kesehatan. Hal ini sangat penting untuk membantu memperkirakan tentang gangguan yang mungkin akan dialami oleh bayi laki-laki. Beberapa fakta itu antara lain :

1. Kemampuan Belajar dan Tingkah Laku

Kemungkinan terkena kesulitan belajar seperti disleksia dianggap lebih mungkin terjadi pada bayi laki-laki dibanding bayi perempuan ( walaupun faktanya disleksia tidak terdiagnosa hingga anak mulai belajar menulis). Sedangkan masalah tingkah laku seperti perilaku hiperaktif, didiagnosa lebih sering terjadi pada bayi laki-laki daripada bayi perempuan.

2. Resiko Genetik

Penyakit asma dan diabetes lebih sering diderita anak laki-laki, namun mengapa hal ini terjadi sampai saat ini masih belum jelas. Hanya saja banyak para ahli menduga penyebabnya adalah faktor genetik. Meskipun penyakit tersebut muncul karena adanya faktor genetik, tetaplah berkonsultasi ke dokter untuk mendapat pencegahan dan pengobatannya.

3. Indera Pendengaran

Bayi laki-laki lebih rentan mendapatkan masalah pada telinganya. Dan hal ini bisa mempengaruhi perkembangan kemampuan bicara dan belajarnya. Oleh sebab itu segera konsultasikan ke dokter jika bayi laki-laki anda mengalami hal ini.

4. Bergantung Secara Emosional

Meskipun sebenarnya bayi perempuan juga mengalami hal ini, tetapi bayi laki-laki lebih mudah mengalami kecemasan jika harus berpisah dengan ibunya dibanding bayi perempuan. Karena fakta yang terjadi bayi lelaki dibawah umur 3 tahun lebih membutuhkan hubungan personal dengan ibunya.

5. Sakit Perut

Bayi laki-laki lebih rawan mengalami kondisi yang disebut pyloric stenosis atau penyempitan jalur keluar lambung, yang menyebabkan bayi mengalami muntah yang hebat. Gejalanya biasanya terjadi saat bayi berusia 3-8 minggu. Oleh sebab itu bila terjadi hal ini maka segera beri pengobatan agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan.

6. Lebih kuat secara fisik

Hal ini terjadi karena  bayi laki-laki mempunyai hormon testosteron yaitu hormon laki-laki yang membantu pembentukan otot, kekuatan dan energi. Hormon ini juga menjadi penyebab lelaki lebih sulit konsentrasi, namun juga mempunyai efek perlindungan melawan depresi dan masalah psikologis lainnya. Sedangkan hormon estrogen pada anak perempuan bisa menyebabkan munculnya depresi.

Tambahkan Komentar Sembunyikan